Puding Karamel

Gara-gara melihat puding karamel di Bread Talk, jadi ngidem pengen bikin juga. Langsung deh googling for the recipe. Ketemu di sini resep puding karamel, fotonya ciamik dan cara pembuatan serta bahannya ternyata simple. But waiitt, gw melihat ada istilah aneh di cara membuat no. 3 "Panggang dengan cara au bain marie (loyang/pinggan berisi air)". Alhasil googling lagi for further explanation, akhirnya nemu juga bagaimana cara panggangnya. 

Jadi, bagaimana cara panggang dengan au bain marie? Seperti yang telah disebutkan secara singkat didalam resepnya, cetakan yang berisi puding diletakkan didalam loyang lain yang berisi air, baru dimasukkan ke dalam oven. Tinggi air sebaiknya 1/3 dari tinggi cetakan puding dan tinggi dari loyang yang berisi air lebih rendah dari cetakan puding. Foto disamping ini menunjukkan bagaimana cara saya memanggangnya.

Sekilas membaca resepnya, terkesan mudah membuatnya, namun saya mengalami hambatan pada saat pembuatan karamel (untungnya saya membuatnya hanya menggunakan 1/2 takaran). Karamel versi pertama terlihat coklat butek gelap dan pahit. Ok, I think I over-cooked it. Jadinya googling lagi cara membuat karamel yang benar, and I found this, tips membuat karamel. Akhirnya bikin lagi karamel versi 2, and I did it =D

Ini dia penampakan hasil akhir dari eksperimen puding karamel:


question: 
penampakannya beda dengan yang ada di resep. di resep, terlihat lebih kokoh, sedangkan ini terlihat rentan. salah dimananya ya? hmm. apakah kurang lama di oven? (ini udah 1 jam loh, dengan api kecil)

berikut ini kutipan resepnya:
BAHAN:

6 butir kuning telur
40 gr gula pasir
450 ml susu cair
KARAMEL:

300 gr gula pasir
100 ml air
1 sendok teh air jeruk lemon
CARA MEMBUAT:

Karamel: 
Panaskan gula, tuang air dan air jeruk tanpa diaduk, hingga menjadi karamel, angkat dan tuang ke dalam mangkuk cetakan, sisihkan.
Kocok telur dan gula pasir hingga lembut lalu masukkan susu cair, aduk rata. Tuang ke dalam mangkuk karamel.
Panggang dengan cara au bain marie (loyang/ pinggan berisi air) selama 60 menit dengan api kecil.
Keluarkan puding karamel dari mangkuknya lalu sajikan.

Hasil: 10 porsi

Comments