Chicken Curry Bread


Judul aslinya sih Beef Curry Ball, tapi karena daging sapi cincang lebih mahal, saya menggantinya dengan daging ayam cincang. Masih melanjuti seri roti dari buku resep Seri Masak Femina Primarasa aneka Roti, berikut ini daftar bahan dan cara membuatnya.

Bahan:
mentega/margarin untuk olesan loyang dan roti setelah matang

Isi:
2 sdm minyak goreng
6 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
2 batang serai bagian putih, memarkan
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdm bumbu kari bubuk
200 gr daging sapi cincang
200 ml santan kental

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah
2 cm kunyit
2 cm jahe
3 butir kemiri
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir

Olesan dan taburan:
1 kuning telur, kocok lepas, campur dengan 2 sdm susu cari
5 sdm wijen putih, sangrai

Cara membuat:
  1. Buat adonan roti hingga mengembang dan siap dibentuk.
  2. Isi: Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam, dan lengkuas, hingga harum dan matang. Tambah bumbu kari bubuk dan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. Masukkan santan kental, aduk hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga santan terserap habis, angkat, biarkan dingin. Bagi adonan isi sama banyak sesuai jumlah bulatan adonan.
  3. Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, untuk membuat sisa gas. Potong dan timbang adonan @ 60 gr, bulatkan adonan di atas meja bertabur tepung. Letakkan bulatan adonan secara berurutan.
  4. Ambil 1 buah adonan yang sudah mengembang, pipihkan, lalu isi dengan 1 bagian adonan isi, bulatkan. Usahakan bagian lipatan berada di bagian bawah. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan dan isi.
  5. Olesi roti dengan bahan olesan, taburi permukaan adonan dengan wijen hingga seluruh permukaan tertutup wijen. Taruh adonan di atas loyang (yang sudah diolesi margarin) secara berurutan. Beri jarak masing-masing 3-4 cm.
  6. Biarkan hingga adonan mengembang kembali (10-15 menit). Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga roti matang (25 menit) dan kecokelatan. Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan roti dengan mentega/margarin. Pindahkan roti ke atas rak kawat hingga dingin.

Comments