Roti Almond Sweet

Masih dalam rangka mencoba resep-resep roti yang ada di buku Seri Masak Femina Primarasa aneka Roti, resep roti yang dicoba kali ini adalah roti almond sweet. Kebetulan masih ada sisa almond dari percobaan Mocca Cake (dan sudah mendekati tanggal kadaluarsa). Berikut ini daftar bahan dan cara membuatnya:

Bahan:
8 mangkuk kertas
1 sdm margarin, untuk olesan roti setelah matang

Isi: (campur jadi satu)
100 gr keju cheddar, parut
50ml susu kental manis
25 gr susu bubuk

Olesan: (campur jadi satu)
1 kuning telur
2 sdm susu cair

Taburan:
25 gr almond iris
1 sdm gula bubuk

Cara membuat:
Buat adonan roti hingga mengembang dan siap dibentuk. Kempiskan adonan dengan cara ditinju. Taburi permukaan meja dengan tepung, potong dan timbang adonan @ 60 gr, masing-masing bulatkan. Letakkan bulatan adonan secara berurutan.
  1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. Ambil 1 buah adonan yang sudah mengembang. Pipihkan sedikit. Isi bagian dalamnya dengan 1 sdm adonan isi. Bentuk bulat, taruh dalam mangkuk kertas. Susun diatas loyang datar, dan beri jarak 3-4 cm.
  2. Biarkan hingga adonan mengembang kembali 2x semula (15 menit). Olesi permukaan adonan dengan bahan olesan, lalu taburi almond iris.
  3. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga matang (15 menit). Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan roti dengan margarin.
  4. Pindahkan roti di atas rak kawat hingga dingin, taburi gula bubuk.

Comments