Bakso Bakwan Malang Caksu Kumis

Pertama mendengar tentang bakwan malang ini, ketika teman saya yg sangat doyan makan (sebut saja namanya widodo) menanyakan lokasinya ke saya. Ketika itu dia menyebutkan lokasinya di cempaka putih dan percetakan negara. Setelah itu, baru saya ngeh mengenai bakwan malang ini (selama ini favoritnya hanya bakso kota cakman).

Akhir tahun lalu, setelah membeli barang di mitra10 (yang kebetulan lokasinya pas di seberang caksu kumis percetakan negara) saya mampir untuk pesan bungkus. Eh ternyata, caksu kumis berafiliasi dengan es sinar garut. Sekaligus deh saya pesan bungkus es teler. Total jenjeng pulang 8 bungkus (4 bakwan malang + 4 es teler). Lumayan berat euy.

Sesampainya di rumah, langsung disantap. Waahh, enak euy. Ini foto penampakannya:


Tiap piecesnya harganya Rp. 4000 (kecuali bakso urat 4.500). Favorit saya adalah siomay basahnya. The best! 

Kalau dibandingkan dengan bakso kota cakman yang mempunyai banyak jenis, caksu kumis hanya mempunyai 7 jenis (jadinya gak bingung milihnya, ambil aja semuanya hihihi). Tujuh jenis tersebut bakso halus, bakso urat, tahu siomay, kekian goreng, siomay goreng, siomay basah, dan tim goreng. 

Hal lain yang saya bandingkan dengan bakso kota cakman adalah kuahnya. Kuah yang digunakan caksu kumis adalah kuah kaldu dari daging baksonya. Berdasarkan warnanya, kuah cakman terlihat lebih bening daripada kuah caksu kumis yang terlihat agak gelap. Entah kenapa, imho, rasa kuah caksu kumis terasa lebih enak dan gurih.

Tak kalah serunya adalah es telernya, courtesy of es sinar garut yang merupakan partner caksu kumis. Wah, ini dia, es teler dengan kualitas top.



Es teler sinar garut is the best!! Kualitas daging kelapanya, lembut dan empuk, membuat sensasi menyenangkan didalam mulut. Belum lagi perpaduan dengan daging alpukat dan nangka yang manis. Untuk menikmati es teler dengan porsi yang sangat dermawan serta kualitas buah yang oke ini hanya perlu membayar Rp 13.000 saja.

Kesimpulan: setelah saya baca ulang lagi, ternyata saya telah menggunakan kata 'the best' beberapa kali. Perpaduan bakso bakwan malang caksu kumis dengan es teler sinar garut memang the best! 

After effect:
Saya sudah menjadi pembeli regular tiap weekend. Selain saya, orang tua saya juga sangat menyukainya, both bakso bakwan malang dan es telernya (terutama).

Lokasi:
Saya mengunjungi cabang percetakan negara. Daftar lengkapnya dapat dilihat di blognya caksu kumis.



Comments