Pizza Teflon

Beberapa bulan terakhir ini, sering sekali seliweran di timeline fb saya, resep-resep yang katanya mudah dibuat dan bisa menggunakan teflon atau rice cooker. Walaupun di rumah ada oven, tapi penasaran juga ingin mencobanya. Apalagi makanan favorit saya satu ini, yaitu Pizza *big grin*

Akhirnya, di suatu weekend, saya mencoba untuk membuatnya. Untuk mencapai kesimpulan akhir how to do this right, saya mencoba sampai 3 kali (di hari yang berbeda).

1st trial: 
loh, keju kraft quick melt-nya kok raib. ternyata, udah dipake sama nyokap buat bikin makaroni schotel ^^;; alhasil menggunakan keju kraft biasa. Pada saat dipanggang dengan teflon, jadinya tidak ada efek keju meleleh seperti efek mozarella. Plus, bagian bawah tengahnya gosong pula. Oh well ... I guess the 5-10 minutes time limitation  is for real =P

2nd trial:
weits, kok tiba2 ada keju kraft quick melt di kulkas. ternyata nyokap secara diam-diam membelikan kembali keju yang raib itu *horee. mari kita buat pizza teflon. sekarang saya ganti kompor, menggunakan kompor sesepuh yg diameter sumbu apinya lebih lebar. dan entah kenapa, saya melapisi tutup teflon dengan kain biar air tidak menetes. ini adalah kesalahan fatal saya lainnya. ternyata, keju quick melt-nya menjadi lebih lama untuk meleleh. Alhasil, gosong lagi deh bagian bawah tengahnya.

3rd trial:
di percobaan kali ini, saos la fonte bolognaise tidak ada. Namun yang ada di kulkas adalah saos la fonte hot tuna. Kebetulan ada ikan tuna sisa makan kemarin malam. Cocok lah buat dijadikan topping. Kompor sesepuh, keju kraft quick melt, dan no kain untuk penutup teflonnya. Akhirnyaa, berhasil juga. 

Here is how it looks like (karena saya sudah malas untuk foto lagi, maka saya menggunakan foto dari 2nd trial):


Untuk resep lengkapnya, ada di fb album milik Resep Masakan Lezat. Ada satu perubahan yang dilakukan dalam membuat adonan pizzanya, yaitu saya menggunakan lebih dari 7 sdm munjung tepung terigu protein tinggi, karena disesuaikan dengan kalisnya adonan. Apabila masih terasa lengket, maka silahkan menambah terigu.

Berikut copy-paste dari resep di fb tersebut:
Bahan pizza : 
-1 sdt peres ragi instan (saya pake fermipan)
-1/2 sdt gula pasir 
-120 ml air hangat 
-7 sdm munjung tepung terigu protein tinggi 
-1 sdt bubuk bawang putih 
-1/2 sdt merica 
-1 sdt garam
-1 sdm minyak sayur

Bahan topping :
-3 sdm saus pasta lafonte yg rasa bolognese ditumis sebentar dengan ditambahkan sedikit bawang bombay lalu sisihkan di wadah 
-bawang bombay setengah bagian diiris bulat bulat tumis dengan sedikit margarin sebentar lalu sisihkan 
-2 buah sosis sapi potong miring tumis sebentar lalu sisihkan
-1 lembar daging asap (smoked beef ) tumis bersama sosis sebentar saja lali sisihkan 
-keju quick melt dari kraft (lebih enak pakai mozarela tp disini nggak ada ) tp ini juga udah enak bgt 

Cara buat : 
-campur gula , air hangat lalu aduk sampai gula larut,masukan ragi didalam gelas atau mangkuk , diamkan 5 - 10 menit , kalau berbusa dan naik brrti ragi aktif dan siap digunakan
-Di wadah yg berbeda campurkan garam , tepung terigu , minyak dan bawang putih bubuk , lalu masukan cairan ragi yg sudah aktif , uleni sampai tercampur rata dan kalis , gak perlu dibanting2 , cukup di aduk rata dan jadi 1 kesatuan adonannya 
-setelah itu diamkan 15 - 20 menit atau sampai adonan mengebang 2 kali lipat ditutup dengan kain lap lembab atau plastik wrap ,lalu tinju adonan sampai tidak ada gas nya lagi , 
-Bentuk adonan di teflon yang sudah di oles dengan minyak lalu tusuk2 dengan garpu agar mengembang dengan baik , setelah itu oles dengan saus lafonte , sosis, smooked beef yg sudah diiris , bawang bombay lalu ditaburi dengan keju quick melt , nyalakan api sedang dan tutup telfon , tunggu 5 - 10 menit atau sampai keju meleleh

Pizza matangg 

*Untuk topping masing2 saya tumis sebentar , karena memanggang pizza di teflon tidak membuat topping menjadi matang

Comments