Donat Kentang tanpa Telur


Sebenarnya ini obsesi dari dahulu kala, pengen bisa bikin donat kentang (karena saya agak maniak jajan donat kentang). Akhirnya, bisa terlaksana juga belajar bikinnya, plus nyobain pake cetakan donat yg sudah dari dulu banget belinya :3

Resep yg digunakan sebelumnya sudah dicoba oleh teman saya (sebut saja namanya widodo hehe), dan dia bilang gampang dan enak. Jadinya saya ikutan deh, pake resep dari dapoer vina. Perbedaannya hanya saya tidak mengukus kentang (karena terlalu lama), melainkan direbus. Hasilnya enak dan empuk euy (sempat terlintas apa gw jualan donat kentang aja ya ha ha).

Ini hasil penampakannya:



Berikut ini kutipan resepnya:
Bahan A :
500 grm tepung cakra/ protein tinggi
75 grm gula halus - saya pakai gula pasir 80grm
250 grm kentang kukus, haluskan

Bahan B :
11 grm ragi instant
150 ml air hangat kuku (Kalau dicek pakai jari tangan sudah nyaman. Atau kalau punya termometer air suhu 40derajat C)
1 sdt gula pasir

Bahan C :
2 kuning telur - saya skip
75 grm mentega
garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Larutkan bahan B, biarkan mengembang dan berbusa kira2 15 menit. Atau kalau sudah mengembang bisa segera dipakai.
2. Masukan bahan A, aduk pakai tangan hingga tercampur rata.
3. Masukan bahan B, uleni sebentar hingga rata.
4. Masukan bahan C, uleni sampai lembut dan kalis (tanda kalis, adonan sudah tidak lengket ditangan dan kalau ditarik tidak mudah sobek bahkan bisa terbentuk membran tipis).
5. Diamkan adonan kira2 30menit sampai mengembang.
6. Tinju adonan pelan2 sampai kempis. Timbang sesuai selera (tadi saya asal saja potong2 pakai pisau dan dibulat2, cari cepat).
7. Bulat-bulatkan adonan, taruh diatas loyang/ meja bertabur terigu. Tunggu sampai mengembang (kira2 10-15 menit).
8. Goreng minyak panas, api kecil, sambil di tusuk pakai sumpit tengahnya dan diputar-putar tengahnya.
9. Sajikan dengan topping atau hanya bertabur gula halus juga sudah enak.




Comments