Bolu Kukus Gula Merah

Sejak seminggu yang lalu, saya sudah berniat untuk mencoba resep bolu kukus gula merah dari tintin rayner (entah kenapa setiap membaca buku resep tintin rayner, ingin rasanya mencoba semua resepnya). Kemudian out of nowhere jadi membeli klakat kukusan yang ada kaca untuk mengintip ke dalam (biar semua yang perlu dikukus jadi lebih meningkat persentase keberhasilannya). Weekend yang ditunggu pun tiba. Resepnya bisa dilihat disini. Ini dia hasil eksperimennya:

I really love the result. Bolu kukusnya enak, lembut, dan yg paling penting berhasil mekar merekah *horee. Bahan dan cara membuatnya tidak susah, hasilnya lembut dan enak. Very recommended to try. Berikut ini kutipan resepnya:
Bahan:
200 gr Gula Merah sisir halus
200 ml Air
3 helai Daun pandan
1/4 sdt Garam
1/4 sdt Vanilla bubuk
2 butir Kuning Telor
1/2 sdt Soda Kue
50 gr Gula Pasir
1/4 sdt Baking Powder
250 gr Tepung segitiga/kunci
100 ml Minyak Goreng

Cara membuat:
1. Didihkan air,gula merah,daun pandan+garam+vanilli bubuk sampai larut. --- Saring ya,sisihkan sampai suhu ruang. (air bole diganti santan,makin gurihh)
2. Mixer kuning telor+gula pasir+BP+Sodakue sampai pucat mengembang pake speed tinggi
3. Masukkan secara berurutan : 
Air gula merah lalu campuran terigu sampai rata aja yahh dengan mixer speed paling rendah,matikan mixer. Lasttt masukkan masukkan minyak aduk pake Spatula aja.
4. Masukkan cup bolu kukus. Kukus selama 20 menit dengan api besar


Comments