Poffertjes

Koleksi loyang di rumah bertambah 3, yaitu loyang martabak mini / kue lumpur, loyang takoyaki dan loyang tulban. Sebelumnya saya sudah mencoba loyang martabak mini, hasilnya okeh :) Sekarang saatnya mencoba loyang takoyaki. Resep takoyaki sudah ada beberapa, namun bahan-bahannya saya belum beli. Alhasil saya cari resep bulat lainnya, yaitu Poffertjes. Kebetulan saya masih ada stok fiber creme lumayan banyak. Pas banget ketemu resep Poffertjes yang menggunakan fiber creme, yaitu milik mba ayoe_widya83. Ini dia penampakannya:


Awal-awal heboh dengan loyang takoyaki, terutama dibagian memutar adonannya biar menjadi bulat cantik. Lama-lama terbiasa juga (lumayan, hitung-hitung pemanasan sebelum buat takoyaki nanti). Oh iya, resepnya bisa lihat disini, tapi saya kutip juga disini sebagai catatan.

Poffertjes Keju

Bahan A
220 gram tepung terigu protein sedang
30 gram maizena
40 gr @fibercreme
1 sendok teh ragi instan
60 gram gula pasir

Bahan B
2 buah kuning telur+ 1 butir telur +
400 ml air ( campur dan aduk rata)
Vanilla ekstrak ( opsional) 

Bahan C
½ sendok teh garam
½ sendok teh baking powder
2 sendok makan butter ( lelehkan)
.
Isian : Keju chedar potong kotak2 / meises
Cara :

  • Campur bahan A , kemudian tambahkan bahan B,  aduk rata. Diamkan 30 menit .
  • Kemudian tambahkan bahan C, aduk rata.  Adonan siap dipakai
  • Gunakan cetakan khusus poffertjes,panaskan cetakan dengan api kecil/sedang,olesi cetakan dengan margarine.  Tuang adonan kedalam cetakan,  masukkan keju kotak,  miringkan adonan dan bentuk( putar2 ) sampai membentuk bulat. Masak hingga matang ( kuning kecoklatan) 
  • Beri topping keju parut dan gula halus ( icing sugar/dextrose/ madu /selai coklat dll)


Ternyata, hasil akhirnya lumayan padat dan saya skip penggunaan keju sebagai isian. Biasanya kalau makan di acara kondangan, bagian tengahnya agak kopong atau ringan. Mungkin karena ketika adonan dalam keadaan miring, saya tuang lagi adonan untuk mengisi kekosongannya, alhasil terisi penuh padat kali ya tengahnya.

Kemudian saya browsing lagi foto-foto poffertjes, ternyata para orang bule buatnya tidak bulat sempurna, tapi setengah bulang dan condong gepeng. Hoo, okay noted.

Comments