Brownies Kukus Putih Telur

Salah satu efek samping dari lebaran hari raya idul fitri (selain dari badan menggemuk hanya dalam hitungan 2 hari ha ha) adalah sisa putih telur dalam jumlah banyak, bagi yang membuat sendiri kue keringnya. Kebetulan saya sudah ada beberapa resep kue basah yang menggunakan putih telur saja. Pada weekend kali ini saya memilih untuk membuat brownies kukus putih telur. Resep yang menjadi acuan adalah resep milih ibu restu utami dewi. Berikut ini kutipan resepnya yang di-reshared oleh ibu @fenita.d2 :

Bahan A :
350 gr putel
1 sdt SP

Bahan B :
180 gr gulpas 

Bahan C (ayak) :
150 gr terigu segitiga
40 gr bubuk coklat 

Bahan D :
100 gr DCC 
125 ml minyak sayur
75 gr SKM 

Topping : 
Buttercream

Coklat ganache (versi @fenita.d2): 
30 ml susu cair + 100 gr dark cooking coklat 
tim coklat hingga leleh lalu masukan susu cair dan tambahkan 1 sdt margarin aduk rata

Cara : 
  • Siapkan loyang 20 , oles margarin dan alas baking paper. panaskan kukusan dan lapisi tutup nya dgn kain bersih. 
  • Bahan D : Tim DCC hingga lumer , matikan api. Masukan miyak sayur dan SKM. Aduk hingga tercampur rata sisihkan.
  • Mixer bahan A sampai berbusa lalu masukan bahan B bertahap lalu mixer sampai kental berjejak. Turunkan speed mixer masukan bahan C bertahap. Matikan mixer
  • Tuang adonan k loyang dan kukus sampai matang lakukan tes tusuk. 
  • Keluarkan dr loyang dan tangkupkan d colling rack. 
  • Setelah dingin belah cake jd 2 bagian. Lalu oles dan ratakan buttercream di atas lapisan brownies pertama dan tumpuk dgn potongan brownies k 2 lalu oles buttercream lg dan ratakan. Siram atas nya dengan coklat ganache dan hias sesuai selera. 


Berikut ini hasil eksekusinya:


Saya membuatnya versi paling basic, alias tidak ditumpuk (dikukus dengan 2 loyang berbeda), tanpa buttercream dan tanpa chocolate ganache. Mengenai rasa, saya sukaa, mirip dengan brokus yg dijual dimana-mana. Teksturnya moist lembut. Eh setelah saya baca resep tulisan bu fenita.d2, ternyata kemarin saya bikin ketika mixer bahan A dan B tidak sampai kental berjejak. Untung gak gagal, dan tetap enak hasilnya *fufufu. Next experiment akan ditambahkan dengan choc. ganache deh.

Comments