Lontong Mie Isi Daging dan Ayam

Lontong Mie, makanan yang sangat berkesan sekali di lidah. Pernah makan versi yang sangat enak, berukuran besar, mie dan isiannya pun mewah (menggunakan pasta mie spaghetti dan isiannya ada smoked beef) dan harganya murah banget (3500 per lontong). Lontong mie yang sangat dinanti-nanti, karena kehadirannya sangat jarang. Kalau beruntung setahun sekali (ketika ada bazaar di kampus). Itulah lontong mie buatan (almarhumah) istri Pak Tanto (yes, she died this year). Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuatnya sendiri, sambil mengingat bagaimana rasanya yang sudah sangat lampau itu.

I stumbled upon several recipes on youtube, and decided to try 2 recipes. Resep pertama adalah arem-arem mie isi daging (link here). Saya menggunakan cornet beef karena tidak sempat beli daging cincang. Ini dia hasilnya. 

Lontong Mie Isi Cornet Beef

Kemudian, resep kedua adalah arem-arem mie isi ayam (dari tastemade indonesia). Versi ini saya menambahkan 'serpihan' cabe rawit.

Lontong Mie Isi Ayam

Berdasarkan hasil eksperimen 2 resep tersebut, here's the verdict:
  • I prefer the recipe from tastemade Indonesia (kemiri dan lengkuas are heroes)
  • Cabe rawit adalah koentji!!
  • But, kayaknya ini belum mendekati rasa lontong buatan almarhumah. So will need further experiments. Maybe next one using mie spaghetti, daging cincang, smoked beef, and ...


Comments